Tuesday, January 13, 2015

Cara Menggunakan Select Cases di SPSS

Sudah lama banget tidak nulis di blog, karena aktivitas banyak banget..mulai dari kuliah, nagajar sampe kerja. Alhamdulillah, dari kerjaan sekarang ini banyak banget ilmu yang bisa saya peroleh. Untuk itu, saya akan coba share sedikit pengalaman saat mengalakukan cleaning data hasil survey di 14 Prov dengan total sampel 2.323 responden. (pasti repot ya kalau tidak tahu tekniknya.

Sebagai ilustrasi, saya memiliki 400 pertanyaan di kuesioner dengan jumlah sample 2.323. Sampel tersebut tersebar di 14 Prov dengan pembagian berdasarkan cluster Kabupaten, kecamatan dan kelurahan. Selanjutnya sampel di kelompokkan menjadi dua yaitu sampel treatment dan sampel kontrol. untuk sampel treatment saya beri coding 1 sedangkan kontrol saya beri coding 2. Pastinya saat kita menginput data ke SPSS akan ada 400 kolom dan 2.323 baris.

Ok, misal saya akan mencari frekuensi umur responden hanya pada kelompok sampel treatment saja pada data yang telah terinput lengkap, maka cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan menu select cases. artinya, saya akan mengatur sebuah variabel (umur) berdasarkan persyaratan tertentu (sampel treatment). caranya sebagai berikut
1. Klik menu "Data" lalu sorot ke bawah sampai keteu "Select cases" lalu klik




2. Akan muncul kotak dialog, kemudian pilih atau centang "If condition is satisfied" lalu klik kotak 'If"


3. Akan muncul kotak dialog lagi, nah ini yang paling penting. karena saya hanya ingin mencari distribusi umur pada kelompok sampel treatment, maka pada kolom di sebelah kiri, cari variabel kelompok sampel lalu pindahkan ke kolom kosong sebelah kanan. Karena kelompok sampel treatment codingnya 1, maka pada kolom yang telah dipindahkan kelompok sampel tretament kita beri tanda "=1" Contoh :Status.Sampel=1. kemudian klik Continue dan Ok.




4. Terakhir, maka akan terlihat bahwa hanya kelompok sampel treatment saja yang akan siap di analisis.
5. Karena ingin mencari frekuensi umur responden, maka kembali ke Analyze, pilih Descriptive Statistics lalu frekuensi.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment