Tuesday, January 13, 2015

Pratikum Metode Riset Bisnis

Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji dan syukur kami kepada Allah Swt., akhirnya buku sederhana dan praktis ini dapat terbit. Buku dengan judul Praktikum Metode Riset Bisnis ini lahir di tengah begitu besarnya minat dan kebutuhan penelitian baik di kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi maupun para praktisi bisnis. Di dalam dunia kampus, kami melihat banyak mata kuliah yang terkait dengan riset, seperti Metode Riset Bisnis, Riset Pemasaran, SDM, Keuangan,Akuntansi, Ekonomika Sosial, Kebijakan Publik, dan lain-lain, tetapi dengan buku teks (textbook) yang kesannya “tebal dan berat”. Buku teks ini memang kaya dengan teori dan metodologi, namun begitu mahasiswa terjun dalam kegiatan penelitian banyak yang mengalami kebingungan. Bagaimana merancang kuesioner? Bagaimana melakukan survei online? Bagaimana mengolah data dengan perangkat lunak (software) statistik? Bagaimana menguji validitas dan reliabilitas alat ukur? Bagaimana menguji data penelitian? Bagaimana menerjemahkan model penelitian dalam pengolahan data statistiknya? Merupakan beberapa contoh kebingungan tersebut. Tidak saja bagi para mahasiswa, para dosen yang ingin membimbing skripsi, tesis, dan melakukan riset (individu, hibah penelitian, penulisan jurnal atau proyek riset) tidak jarang yang masih mengalami kondisi ini.

Buku ini, kami susun untuk menjawab “how to do” dalam membantu perkuliahan metode riset, baik untuk jenjang sarjana maupun pascasarjana. Sementara itu, dikalangan praktisi, kami melihat kesadaran yang cukup tinggi dalam hal riset bisnis, mereka memiliki banyak data, tetapi bingung untuk mengolahnya sehingga menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan bisnis. Topik seperti preferensi konsumen atas produk baru, profil pelanggan, kepuasan dan loyalitas pelanggan, segmentasi pasar, positioning produk, kualitas pelayanan/jasa, efektivitas promosi, strategi harga, distribusi, tenaga penjualan, dan lain-lain adalah beberapa contohnya. Mereka (praktisi) dituntut cepat dalam pengolahan dan penyajian informasi, sehingga membutuhkan teknologi dan teknik pengolahan data yang praktis dan sederhana. Oleh karena itu, buku ini hadir mencoba memberikan solusinya.

Guna menjawab kebutuhan tersebut, buku Praktikum Metode Riset Bisnis ini kami susun dalam 15 bab. Dimulai dengan pembahasan mengenai aplikasi riset bisnis dalam pemasaran (Bab 1), bagaimana merancang kuesioner dan melakukan survei online (Bab 2), skala pengukuran dalam riset (Bab 3), dan bagaimana menguji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian (Bab 4). Selanjutnya akan dibahas bagaimana melakukan penentuan sampel (Bab 5). Dilanjutkan dengan analisis data, yakni bagaimana melakukan analisis statistik deskriptif (Bab 6), uji korelasi dan asosiasi (Bab 7), uji beda mean—t-test (Bab 8), dan uji asumsi klasik (Bab 9). Kemudian masuk topik analisis statistik multivariat, yakni analisis regresi linier (Bab 10), analisis faktor (Bab 11), analisis diskriminan (Bab 12), dan analisis structural equation model—SEM (Bab 13). Hemat—pendapat kami 13 bab ini cukup sebagai bahan perkuliahan selama satu semester dan untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan penelitian. Namun, dalam buku ini kami memberikan “bonus” dua bab lagi, yakni analisis important-performance analysis—IPA (Bab 14) dan analisis time series (Bab 15).

Akhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa, pengajar, peneliti, dan praktisi bisnis yang telah mendorong penulis dalam menyelesaikan buku ini. Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Penerbit Salemba Empat atas dukungan dan kerja samanya yang baik selama ini. Kami menyadari edisi pertama ini masih jauh dari sempurna, untuk itu dengan rendah hati kami menanti masukan dari rekan-rekan dan para pembaca. Selamat membaca dan mempraktikkan buku sederhana ini, semoga bermanfaat.

Rambat Lupiyoadi dan
Ridho Bramulya Ikhsan


No comments:

Post a Comment